Kamis, 23 April 2009

Chatting, Chatting, Chatting. Mau, Mau, Mau?

Situs pertemanan seperti friendster, facebook dan sejenisnya serta aplikasi chatting bukanlah barang asing bagi masyarakat dewasa ini, terlebih generasi mudanya. Semakin canggihnya teknologi, semakin memudahkan kita memperluas pergaulan melalui sarana yang bernama internet. Akan tetapi, jika dicermati lebih lanjut, benarkah situs-situs semacam itu sama sekali tak berbahaya?

Sebuah artikel berjudul “Maniak Facebook, Rentan Kanker-Stroke”(Jawa Pos, 20 Februari 2009) mengenai hasil riset pakar dari Inggris menyatakan bahwa pengguna, terlebih pecandu jaringan pertemanan di dunia maya dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti kanker, stroke, penyakit jantung, dan lain lain. Hal ini disebabkan kebiasaan bergaul via situs berpotensi mengurangi sosialisasi antar manusia di dunia nyata yang berdampak pada sisi-sisi biologis manusia. Di antaranya, mengubah alur kerja gen, menghambat respons sistem imun, dan fungsi arteri serta mememengaruhi kondisi mental.

Fakta yang bikin surprised ini tentu perlu menjadi perhatian pengguna, terutama remaja kita yang doyan banget “ber-FS” ria dan berteman di dunia cyber. Gak percaya? Coba tanyakan siswa-siswa bangku sekolah menengah. Dijamin, mereka sudah sangat familiar dengan istilah friendster, facebook, YM (Yahoo Messenger), M-xit, dan lain-lain. Bahkan ada anggapan bahwa mereka akan diangggap ketinggalan, gak gaul dsb kalo tidak memilki account di salah satunya.

Well, dari satu sisi memang internet dapat memfasilitasi kita dalam memperkaya pengetahuan dan memperluas pergaulan. Namun di sisi lain, penggunaan media-media elektronik (termasuk e-mail dan sms) untuk berkomunikasi dengan sesama mengurangi makna penting komunikasi itu sendiri. Parahnya, seseorang bisa menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Nah, hendaknya kita bijak dalam memanfaatkan teknologi dan waktu luang. Karena jika tidak hati-hati dalam menggunakannya, bukan tidak mungkin keduanya bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Menguasai teknologi itu penting, asal jangan sampai kita yang dikuasai teknologi. Don’t waste your time, or time will waste you. (Smg/240209)



(This article is specially dedicated for my sis “MU” and other teenagers yang tukang FS-an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar