Selasa, 19 Mei 2009

Merenung Vs Melamun




















Dosenku pernah bertanya seperti ini, “What is the difference between daydream and contemplation?”

Kalo menurutku waktu itu si kedua-duanya hampir gak bisa dibedakan. Ataupun kalo ada perbedaan, terletak pada tujuan. Kalo daydream (pelamunan) atau aktivitasnya disebut melamun itu tujuannya gak jelas, pikiran masih kemana-mana. Contohnya, pas masih di kelas, kita nglamunin apa makan siang nanti atau mau kemana abis kelas ini selesai, pindah lagi nglamunin enaknya tidur pas kuliah siang-siang bolong (yang ini bukan pengalaman pribadi). Sedangkan contemplation (perenungan) atau aktivitasnya disebut merenung tujuannya lebih spesifik. Misalnya merenungkan masa depan, merenungkan tentang diri kita dan sebagainya.
Dosen tadi menjawab, “Daydream and contemplation are almost similar. Both of them are difficult to distinguish.” Nah loe, trus???

Dan masih kata dosen tadi, kalo secara fisik (dari luar), aktivitas melamun dan merenung gak bisa dibedakan. Yang tau ya pelakunya sendiri, sebenernya dia tu lagi nglamun atau merenung?


Ngomong-ngomong, pernahkah kita menghitung (kalo Anda termasuk orang yang kurang kerjaan) berapa jam dalam sehari kita melamun? Kesempatan untuk melamun itu datang waktu ada jeda antara satu aktivitas ke aktivitas lain, atau pas kita lagi nungguin sesuatu, atau pas kita lagi istirahat, atau mau tidur, dsb. Karena tujuan melamun tu gak jelas, jadi apa yang dilamunin juga gak spesifik, tergantung kejadian atau keinginan yang kita simpan saat itu. Padahal, kalo mau lebih mengontrol diri, aktivitas melamun tadi bisa dialihkan menjadi “merenung”.

Kalo penulis si, waktu paling asik buat merenung ya pas di atas motor. Hehe.. maklum, sebagai seorang komuter, pulang pergi membutuhkan waktu lama. Sedangkan, di jalan gak mungkin donk nglakuin aktivitas lain yang pake tangan? Minimal otak yang beraktivitas. Yah, jadilah aku seorang “perenung jalanan” alias orang yang hobi merenung di atas jalan. Bayangin aja, pulang pergi bisa makan waktu kurang lebih satu setengah jam. Kan lumayan buat cari inspirasi, terutama buat ngisi blog ini.. Hehehe..


2 komentar:

  1. hai...
    m'nurutku sih bisa dibedakan...
    melamun pasti bibirnya or mimik wajahnya cengar-cengir gak tau yg dibayangin apa.biasanya berorientasi pada kegembiraan,pikiran kebanyak arah (iya bener)...
    kalo merenung nih pasti tidak cengar cengir / cengengesan, malah dahinya biasanya berkerut, berpikir serius & 1 arah.berorientasi pada kesedihan / penyesalan... itu sich nurut aq

    BalasHapus
  2. melamun.... itu hobyku. hehe... tapi suka keterusan sampai menghayal (seandainya jadi orang kaya)
    merenung emang pas banget sambil diperjalanan. bahkan saat dijalan kita bisa nemu ide-ide untuk peningkatan aktivitas kita.
    yeah, semoga kita bisa memanfaatkan wktu didunia dg sebaek-baeknya.rugi deh orang yang menyia-nyikan waktu. (lebih lengkap baca QS Al Ashr)
    hehe semangat menjalani hidup penuh manfaat.

    BalasHapus